Inovasi Telematika
Sejarah
Telematika
Istilah telematika pertama
kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya
L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata
dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi
dan informatika. Pengertian Telematika Telematika merupakan teknologi
komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal
balik, dengan sistem digital.
Pengertian
Telematika
pengertian Telematika
sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan
komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah
layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada
sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah
satu contoh telematika.
Telematika menunjuk
pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari
perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika. Dalam
Pengantar pada Mata Kuliah Hukum Telematikan Fakultas Hukum Universitas
Indonesia, dinyatakan bahwa istilah telematika merujuk pada perkembangan
konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula
masing-masing berkembang secara terpisah. Istilah Teknologi Informasi itu
sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah
informasi.
Layanan
Informatika
Menurut RUU Kovergensi
Telematika Penyelenggaraan Layanan Jaringan Telematika adalah kegiatan
penyediaan konektivitas dasar dan bandwidth yang mendukung beragam aplikasi dan
memungkinkan komunikasi antar jaringan. Penyelenggaraan Layanan Jaringan
Telematika adalah kegiatan penyediaan layanan aplikasi telematika yang terdiri
aplikasi pendukung kegiatan bisnis dan aplikasi penyebaran konten dan
informasi. Aplikasi adalah layanan dasar dan/atau lalyanan nilai tambah yang
ditambahkan pada layanan jaringan.
Layanan
Telematika dibidang Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber
yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang,
pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga
pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Sasaran utama dalam upaya
pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
Peningkatan kinerja layanan
public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan
masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator
pembangunan.
Literasi masyarakat di
bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan
today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
1. SDM Lembaga Pendidikan, untuk meningkatkan
jumlah SDM
- Memahami telematika melalui sosialisasi & diklat
- Mampu menggemakan telematika melalui dikmenti dan pelatihan keterampilan
- Mampu menggunakan telematika melalui dikti dan pelatihan
- Mampu mengembangkan telematika melalui dikti dan pasca sarjana
2. SDM Aparatur negara
- Penyelenggaraan komunikasi elektronik antar pejabat eselon I, II, III
- Kecepatan pelayanan
- Pengambilan keputusan yang cepat dan obyektif
- Program diklat telematika
- Pelatihan calon instruktur dan pengembangan bahan belajar
- Pelatihan telematika di BLK-BLK
- Membina lembaga latihan swasta dalam bidang telematika
- Mendorong lembaga profesi / asosiasi untuk meningkatkan kualitas SDM telematika.
Layanan
Telematika di bidang Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan
layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data Layanan ini terdiri
enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditing. Layangan
ini melindungi sebuah informasi maupun data agar tidak mudah diambil atau
diakses oleh pihak lain yang tidak berwenang.
Contoh Kasus :
1. Texas
Auto Center
Teknologi telematika dalam
sistem keamanan ditanamkan pada mobil. Sistem keamanan ini menggunakan password
untuk mengakses sistem dealership’s web-based untuk menggerakkan
sistem immobilizationterhadap 100 mobil. Sistem ini diinstal oleh Texas
Auto Center tujuannya adalah mengaktifkan kepemilikan lebih mudah jika pembeli
gagal untuk melakukan pembayaran (melewati batas pembayaran) .
Dengan adanya sistem ini
maka pembeli akan yang melewati pembayaran tidak akan bisa mengendarai mobil
mereka selama 5 hari, sampai dealer dari ATC me- reset ulang semua
usernames dan password pada sistem.
Layanan
telematika dibidang pendidikan
Telematika singkatan dari
Telekomunikasi dan Informatika. Telematika ini sangat berkembang pesat dan
sangat bermanfaat dalam pengolahan informasi di segala bidang kehidupan manusia,
salah satunya dalam bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan ini peran
telematika sangat lah berpengaruh besar dalam membantu dunia pendidikan,
seperti membuat program pembelajaran secara virtual, membuat buku-buku virtual
sehingga lebih praktis untuk dipelajari dan dibawa kemana-mana dan membua
pembelajaran lebih menarik.
Perkembangan yang sangat
pesat dalam telematika maka munculah berbagai jargon yang berwalan e, mulai
dari e-book,e-learning, e-library dan sebagainya. e itu berarti
electronic. yang berarti penggunaan teknologi informatika. Membuat pembelajaran
lebih Real time, lebih praktis dan lebih murah. Cukup dengan adanya jaringan
Internet. Misal seperti berikut :
1. e-Book
e-Book atau buku elektronik merupakan berupa
buku yang dapat dibuka dengan elektronik melalui komputer. ebook ini biasanya
berupa file yang isinya berupa informasi dari sebuah buku dalam bentuk yang
ringkas. dengan ebook kita dapat belajar melalui komputer, kita juga dapat
menyimpan ebook sebanyak-banyaknya tanpa harus membeli buku.
2. e-Learning
e-learning singkatan dari elektronik
learning merupakan cara baru media pembelajaran secara komputerisasi khususnya
internet dalam pembelajarannya. e-learning ini tidak selalu menggunakan
internet tapi juga ada pembelajaran meltimedia secara ofline. Banyak software
e-learning saat ini.
3. e-Library
e-library singkatan dari electronic library merupakan perpustakaan yang sebagian besar bentuk bukunya adalah dalam bentuk format digital dan hanya
dapat di akses melalui komputer. perpustakaan tidak seperti perpustakaan pada
aslinya tetapi dalan virtual perpustakaan ini menyimpan semua e-book dan kita
dapat mengunduhnya secara gratis.
Layanan
Telematika dibidang Layanan Context – Aware dan Event Based
Context awareness adalah
kemampuan sebuah sistem untuk memahami user, network, lingkungan, dan dengan
demikian dapat melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan. Karakteristik
dari user, network dan lingkungan disebut konteks.
Menurut Albrecht Schmidt
tiga hal yang menjadi perhatian pada sistem context-aware.
1. The
Acquisition of Context
Berkaitan dengan konteks dan
bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh koteks
lokasi, dengan pengguna sensor lokasi tertentu (misalnya : GPS) untuk melihat
situasi atau posisi suatu lokasi tersebut.
2. The
abstraction and understanding of context
Pemahaman terhadap bagaimana
cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi
yang dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi dan
bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
3. Application
behavior based on the recognized context
Dua hal yang paling penting
adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya sesuai
dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan control penuh
kepada pengguna sistem.
Sumber :
telematika sesuatu yang seru untuk dipelajari.
BalasHapusthansk for sahring sepatu pantofel
Bonus 8 kali win dan dapatkan bonusnya hanya disini BONUS WIN 8 KALI BERUNTUNi
BalasHapus